"Maju Bersama AI: Telkom Indonesia Memimpin Transformasi Digital"

 



Telkom Indonesia, sebuah kekuatan telekomunikasi, menjadi pelopor dalam adopsi kecerdasan buatan (AI) untuk merevolusi operasinya dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan mengadopsi AI sebagai landasan inovasi, Telkom memanfaatkan kemampuannya untuk menyederhanakan proses internal dan memberikan solusi yang personal kepada basis pelanggan yang luas.


Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Bisnis Digital di Telkom, menekankan peran penting AI dalam perjalanan transformasi digital perusahaan. Dengan integrasi AI yang semakin umum dalam industri, Telkom dan anak perusahaannya, Telkomsel, telah berada di garis depan dalam memanfaatkan AI untuk menyederhanakan interaksi pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional.


Fajrin menyoroti komitmen Telkom untuk pengembangan terus-menerus dalam bidang AI, mengutip integrasi solusi AI ke dalam platform My Telkomsel sebagai bukti kemajuan perusahaan. Dengan memanfaatkan AI dan analitika data besar, Telkom dapat menawarkan solusi yang disesuaikan yang menangani kebutuhan unik pelanggannya, menetapkan standar baru untuk penyampaian layanan yang dipersonalisasi.


Selain itu, Fajrin menekankan tren global ekspansi AI, mencatat dampak signifikan AI di berbagai sektor, termasuk perbankan, di mana AI digunakan untuk deteksi penipuan dan pemantauan transaksi. Kemunculan AI generatif lebih lanjut memperluas cakrawala inovasi, membuka peluang untuk kemajuan dalam pembuatan gambar dan media.


Namun, Fajrin memperingatkan terhadap adopsi AI yang sembrono semata-mata didorong oleh rasa takut ketinggalan. Dengan menekankan pentingnya penyelarasan implementasi AI dengan tujuan bisnis dan sumber daya manusia, Fajrin memadvokasi pendekatan strategis yang memprioritaskan tujuan dan relevansi.


Bagi Telkom, AI berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan efisiensi internal dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan mengevaluasi peran AI dengan hati-hati di dalam perusahaan, Telkom bertujuan untuk memaksimalkan potensinya sambil memastikan bahwa teknologi tetap menjadi fasilitator bukan pengganti kecerdasan manusia.


Saat Telkom terus menetapkan jalannya di era digital, perusahaan tetap teguh dalam komitmennya untuk memanfaatkan AI secara bertanggung jawab dan etis. Dengan fokus pada perencanaan strategis dan inovasi yang didorong oleh tujuan, Telkom siap untuk mendefinisikan kembali lanskap telekomunikasi, menetapkan standar baru untuk keunggulan dalam layanan pelanggan dan keunggulan operasional.

Post a Comment

Previous Post Next Post