Pasar Saham India Pecahkan Rekor: Capai Kapitalisasi Pasar Terbesar keempat di Dunia




Pasar saham India mencatat prestasi gemilang dengan melampaui Hong Kong untuk pertama kalinya, menambah daftar pencapaian positif bagi Negara Bollywood. Data yang dikumpulkan oleh Bloomberg menunjukkan bahwa pada penutupan hari Senin (22/1/2024), nilai gabungan saham yang terdaftar di bursa India mencapai US$4,33 triliun, mengungguli Hong Kong yang mencatat US$4,29 triliun. Dengan capaian ini, India kini menjadi pasar ekuitas terbesar keempat secara global.


Prestasi ini tidak terlepas dari pesatnya pertumbuhan ekuitas di India, didorong oleh basis investor ritel yang berkembang pesat dan kinerja kuat perusahaan. India berhasil menarik minat investor dan perusahaan global dengan stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh konsumsi, menjadikannya salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di antara negara-negara besar.


Ashish Gupta, Kepala Investasi di Axis Mutual Fund di Mumbai, menyatakan bahwa India memiliki semua faktor yang diperlukan untuk menjaga momentum pertumbuhan. Sementara itu, reli saham India terus berlanjut seiring dengan melemahnya ekonomi Hong Kong. Pembatasan ketat terkait Covid-19, tindakan keras terhadap perusahaan, krisis sektor properti, dan ketegangan geopolitik dengan negara-negara Barat telah mengurangi daya tarik China sebagai mesin pertumbuhan dunia. Hal ini juga berdampak pada merosotnya ekuitas China dan Hong Kong, kehilangan lebih dari US$6 triliun sejak puncaknya pada 2021.


Beberapa ahli strategi memproyeksikan perubahan tren, dengan UBS Group AG dan Bernstein memprediksi bahwa saham-saham China akan melampaui kinerja India pada tahun 2024. Goldman Sachs Group Inc. juga menegaskan konsensus bahwa India merupakan peluang investasi jangka panjang terbaik.


Perubahan ini mencerminkan dinamika pasar global yang terus berubah, dengan India semakin menonjol sebagai destinasi investasi yang menarik. Namun, perlu diingat bahwa kapitalisasi pasar dihitung dari seluruh saham yang beredar dan tidak termasuk ETF dan ADR. Meskipun demikian, pencapaian India ini menjadi cerminan positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pasar keuangan global.







Post a Comment

Previous Post Next Post